PayPal Mengatakan Saat Ini Tidak Mengejar Akuisisi Pinterest

  • Share

PayPal Inc (PYPL.O) mengatakan saat ini tidak mengejar akuisisi Pinterest Inc (PINS.N), setelah beberapa media melaporkan pekan lalu bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan untuk membeli situs pinboard digital sebesar $45 miliar.

Perkembangan terbaru, yang menghancurkan prospek Pinterest untuk mendapatkan akses ke basis pengguna PayPal yang sangat besar, membuat harga saham platform media sosial tersebut turun lebih dari 12%. Beberapa media melaporkan pembicaraan kesepakatan pada hari Jumat, ketika sumber mengatakan bahwa PayPal telah menawarkan $70 per saham, sebagian besar dalam bentuk saham, untuk Pinterest.

PayPal tidak memberikan rincian tambahan pada hari Senin dalam pernyataannya. Kedua perusahaan tidak menanggapi permintaan komentar lebih lanjut.

Tien-tsin Huang, seorang analis pembayaran di JP Morgan, mengatakan bahwa kesepakatan Pinterest akan membawa “risiko integrasi yang signifikan” untuk PayPal, terutama dalam hal budaya dan eksekusi.

“Menjalankan platform yang terutama berfokus pada mendorong keterlibatan pengguna dan periklanan akan membutuhkan PayPal untuk menggunakan otot yang tidak biasa digunakan,” kata Huang dalam catatan penelitian kepada klien.

Pinterest bergulat dengan tantangan ganda kehilangan salah satu pendiri Evan Sharp dan perlambatan pertumbuhan pengguna yang telah menghambat prospek masa depannya.

Beberapa analis sekarang berpikir Pinterest dapat menarik minat dari penawar lain di masa mendatang.

“Kami percaya PINS kemungkinan masih dipandang sebagai target potensial mengingat penilaiannya yang wajar dibandingkan dengan rekan-rekan media sosial lainnya dan penurunan pangsa yang tajam dalam beberapa bulan terakhir, mengingat perlambatan tajam yang diantisipasi dalam pertumbuhan pelanggan,” kata Angelo Zino, seorang analis di CFRA, dalam sebuah catatan pada hari Senin.

Dibantu oleh peningkatan pembayaran online dalam e-commerce selama pandemi COVID-19, saham PayPal telah meningkat lebih dari 35% dalam 12 bulan terakhir, memberikan kapitalisasi pasar hampir $320 miliar, sebelum laporan pembicaraannya dengan Pinterest .

Sejak itu, saham PayPal telah merosot 12% dari nilainya, dengan para ahli dan analis menyalahkan penerimaan investor yang buruk atas runtuhnya pembicaraan, sementara yang lain menyoroti tantangan seputar mengintegrasikan Pinterest dalam PayPal.

Saham PayPal naik 3,6% menyusul pernyataan perusahaan pada Minggu malam. Saham Pinterest, yang telah melonjak 13% setelah pembicaraan kesepakatan dilaporkan minggu lalu, menyerahkan hampir semua kenaikan baru-baru ini dan merosot sekitar 12% menjadi $51,1 per saham.

PINTEREST DI CROSSRODS

Sharp mendirikan scrapbook online dan platform berbagi foto pada tahun 2010 dengan Ben Silbermann, yang merupakan CEO perusahaan, dan Paul Sciarra, yang keluar pada tahun 2012.

Sebelumnya pada bulan Oktober, Sharp mengatakan dia akan mengundurkan diri sebagai chief creative officer untuk bergabung dengan LoveFrom, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Jony Ive, perancang banyak produk Apple Inc (AAPL.O) . Baca selengkapnya

Karena penguncian telah mereda secara global, Pinterest telah memperingatkan tentang perlambatan pertumbuhan pengguna, terutama di Amerika Serikat, yang merupakan mayoritas basis penggunanya. Pinterest mengatakan mereka mengharapkan pertumbuhan terutama melalui keterlibatan yang lebih dalam dengan pengguna yang sudah ada, daripada pendaftaran baru.

Pada kuartal Juni, pengguna aktif bulanan (MAUs) Pinterest secara keseluruhan, metrik yang ditonton secara luas, naik hanya 9% menjadi 454 juta, setelah melonjak 30% pada kuartal sebelumnya.

Kesepakatan Pinterest akan menjadi akuisisi terbesar perusahaan media sosial dengan harga yang dilaporkan dan salah satu kesepakatan teknologi terbesar dalam sejarah, jauh melampaui pembelian LinkedIn senilai $26,2 miliar oleh Microsoft Corp (MSFT.O) pada 2016.

Itu juga akan memungkinkan PayPal menangkap lebih banyak pertumbuhan e-commerce, karena semakin banyak pembeli yang membeli barang yang mereka lihat di media sosial, sering kali mengikuti “influencer” di platform seperti Instagram, TikTok, dan bahkan Pinterest.

PayPal, di antara pemenang pandemi besar, telah melakukan akuisisi akhir-akhir ini, setelah membeli perusahaan Jepang (BNPL) Paidy seharga $ 2,7 miliar awal tahun ini.

Mengakuisisi juga Happy Returns, sebuah perusahaan yang membantu pembeli online mengembalikan barang dagangan yang tidak diinginkan, dengan jumlah yang tidak diungkapkan pada bulan Mei untuk meningkatkan penawaran e-commerce dan untuk membangun akuisisi pencari kupon online Honey Science senilai $4 miliar pada tahun 2019.

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *